20.5.08

Kuburan Orang Jepang di Makassar

Beberapa hari yang lalu, saya terima email dari rekan yang menyelidiki masyarakat Jepang di Makassar pada zaman dulu. Dia mengirim dua foto yang menarik tentang kuburan orang Jepang yang kolektif di suatu tempat di sekitar Makassar pada sekitar tahun 1931 (ralat. bukan 1940-1945, seperti saya tulis dulu).



Saya baru tahu adanya kuburan orang Jepang yang begitu besar di sini. Apakah masih tersembunyi di suatu tempat? Ataukah sudah dimusnahkan karena dianggap buatan musuh sekutu atau tidak mau ingat kembali buruknya penjajahan oleh tentara Jepang?

Dengan kesempatan ini, saya ingin mendapat informasi tentang kuburan orang Jepang ini. Apakah kakek atau nenek anda mengetahui tentang ini? Jika ada info, mohon menghubungi ke alamat email saya: matsui01@gmail.com.

Tidak ada komentar: